SQLite | Pengertian SQLite


Nah mau nulis artikel tentang Belajar SQLite Database sederhana pada Android tapi ada artikel tentang SQLite hehehe , ntar bingung deh apa itu SQLite ^^" hehe
langsung aja deh pengertian SQLite itu apa :

SQLite itu merupakan sebuah Database yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp.

SQLite memiliki fitur relasional database, hampir sama dengan SQL pada desktop hanya saja SQLite membutuhkan memori yang sedikit.

Contoh produk apa saja yang memekai SQLite?
PHP, Firefox, Chrome, iPhone dan Android adalah contoh produk yang menggunakan SQlite. di Browser firefox, Sqlite dipakai untuk menyimpan konfigurasi, bookmark dan history website sedangkan di smartphone android, SQLite dipakai untuk menyimpan contact. Contoh penggunaan lain bisa dilihat di http://www.sqlite.org/famous.html.

lisensi SQlite?
SQLite adalah produk public domain. Artinya tidak punya lisensi, anda boleh mengambil binary atau source codenya secara free / GRATIS

membuat produk komersial menggunakan SQLite?
Anda boleh membuat software dengan lisensi suka suka anda.  Anda boleh mengopensourcekan atau mengkomersialkan itu bebas anda lakukan.

Tipe data yang didukung di SQLite :
  • Numeric ( integer , float , double), 
  • Text ( Char , varchar , text )
  • DATETIME
  •  BLOB.
Untuk mendapatkan SQLite :
Anda bisa mendownloadnya di http://www.sqlite.org.

OS yang didukung oleh SQLite :
SQLite mendukung semua platform. Anda bebas memilih OS, mau pakai Windows, Linux, Mac OSX bahkan Android atau iPhone pun bisa.

kesulitan menggunakan SQLite menggunakan Commandline, apakah ada too  berbasis web atau desktop untuk mengelola database SQLite?
Tool yang cukup populer adalah SQLite manager. SQLite manager adalah plugin Firefox, sedangkan tool berbasis web adalah SQLiteManager  yang dibuat dengan PHP dan bisa menggunakan Navicat

Anda bisa belajar SQLite :

Sekian dari saya , bila masih bingung , bisa di tanyakan melali media sosial , atau bisa komentar di blog ini :)

Post a Comment

notifikasi
close