Java | Konsep Berorientasi Object Programming

Hallo semua sekarang kita bahas yuk tentang Konsep tentang Berorientasi object
Kenapa Java harus OOP ( Object Oriented Programming ) ? Hayoo ?


Sekarang Penjelasannya semua dulu yee , Lanjut akan ada contoh'nya kog :)
  • Desain Berorientasi Object 
Desain berorientasi object adalah sebuah teknik yang memusatkan desain pada object dan class berdasarkan pada skenario dunia nyata. Hal ini menegaskan State, Behaviour dan Interaksi dari object. Selain itu juga menyediakan manfaat :
    • kebebasan pengembangan, 
    • meningkatkan kualitas
    • mempermudah pemeliharaan atau development
    • mempertinggi kemampuan dalam modifikasi 
    • mengkatkan penggunaan kembali software
  •  Class
Class mengizinkan kamu dalam mendeklarasikan tipe data baru. Ia dijalankan sebagai blueprint , dimana model dari object yang Anda buat berdasarkan pada tipe data baru ini .
Contoh Code : 
    
//(modifier) (class) (namaclass)
public class Guru {
 String MacamGuru[];
 void setMacamGuru (String MacamGuru[]){
  this.MacamGuru = MacamGuru;
 }
 void printMacamGuru(){
  for(int i = 0 ; i<MacamGuru.length;i++){
   System.out.println(MacamGuru[i]);
  }
 }
}

  • Object
Sebuah Object adalah sebuah entiti yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang tugasnya di rumuskan dalam suatu lingkungan masalah dengan baik. inilah instance sebenarnya dari sebuah Class . ini juga di kenal juga sebagai instace. Instance di buat sewaktu Anda meng-instance sebuah class menggunakan kata kunci New . Dalam sistem registrasi siswa contoh sebuah object yaitu entiti siswa / murid
Contoh Code :

public class Guru {
	private String nama;
	public int nomormurid;
	protected float unitkerjaguru = 0.0f;
	String bebas;
	//method
	void register(){
		nomormurid = 20;
		System.out.println(nomormurid);
	}
	public static void main(String[] args) {
		Guru iniguru = new Guru();
		iniguru.register();
	}
	
}
  • Atribut
Atribut menunjukan pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. di kenal juga sebagai member data, variable instance , properti atau sebuah field data. kembali ke registrasi siswa, atribut dari sebuah siswa/murid adalah nomor murid
Contoh Code :

public class Guru {
 private String nama;
 public int nomomurid;
 protected float unitkerjaguru = 0.0f;
 String bebas;
}
  • Method 
Sebuah Method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Sebagai contoh, method yang mungkin tersedia untuk entiti siswa adalah method register
Contoh Code : 
 
  • Constructor
Constructor adalah sebuah tipe khusus dari method yang di gunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa constructor bukan member (yaitu atribut, method atau inner class dari ) 
Contoh Code : 
class ConstructorDemo {
	   private int data;
	   public ConstructorDemo() {
	      data = 100;
	   }
	   ConstructorDemo(int data) {
	      this.data = data;
	   }
	}
	 
   
  • Package
Package menunjukan pada pengelompokan class atau subpackages  Strukturnya dapat disamakan dekan direktori'nya , menurut saya sih seperti rak atau folder"
Contoh Code :

package registrasi.reports;
import registrasi.processing.*;
import java.util.List;
import java.lang.*; //import default
class MyClass {
   /* rincian dari MyClass */ 

  • Enkapsulasi
Enkapsulasi menunjuk pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementasikan informasi yang tidak sesuai pada object yang ada
Contoh Code : 

class Enkapsulasi {
   private int rahasia; //field tersembunyi
   public boolean setSecret(int rahasiabanget) {
      if (rahasiabanget < 1 || rahasiabanget > 100) {
         return false;
      }
      this.rahasia = rahasiabanget;
      return true;
   }
   public getSecret() {
      return rahasia;
   }
} 
  •  Abstraksi
Sementara Enkasulapsi menyembunyikan detail, Abstraksi mengabaikan aspek dari subyek yang tak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada.
Contoh Code : 

abstract class GuruBesar {
	   String SuperGuru[];
	   void setSuperGurunih(String superPowers[])  {
	      this.SuperGuru = superPowers;
	   }
	   void printSuperPowers() {
	      for (int i = 0; i < SuperGuru.length; i++) {
	         System.out.println(SuperGuru[i]);
	      }
	   }
	   abstract void displayPower();
	}

	class GuruIpa extends GuruBesar {
	   void displayPower() {
	      System.out.println("INI GURU IPA");
	   }
	}

	class GuruMat extends GuruBesar {
	   void displayPower() {
	      System.out.println("Matematika 6x2=12 ");
	   }
	} 
  • Pewarisan
Pewarisan adalah hubungan antar class di mana dalam satu class ada : superclass dan class induk dari class yang lain. Pewarisan menujuk pada properti dan behaviour yang di terima dari nenek moyang class. Ini dikenal juga sebagai hubungan Orang Tua dengan Anak ! perhatikan gambar herarki berikut
Guru adalah Superclass dari class "guru ipa | guru mtk | guru fisika".
catatan bahwa "guru ipa" adalah "GURU"
Contoh Code :

class Guru  {
	   int x;
	   int y;
	   }
           class GuruIpa extends Guru{
           Warna
	} 


  • Polimorfisme 
Polimorfisme adalah kemampuan dari object untuk memperbolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda. secara harfiah, "poli = sementara" , "morph = bentuk" , menunjukan pada contoh sebelum'nya pada Pewarisan, kita lihat bahwa object GURU , dapat juga menjadi object GURU IPA atau MTK / FISIKA


  • Interface
Sebuah Interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. ketika sebuah class implements sebuah interface, ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface

interface MyInterface { 
		   void iMethod();
		}
		class MyClass1 implements MyInterface {
		   public void iMethod() {
		      System.out.println("Interface method.");
		   }

		   void myMethod() {
		      System.out.println("Another method.");
		   }
		}

		class MyClass2 implements MyInterface {
		   public void iMethod() {
		      System.out.println("Another implementation.");
		   }
		}

		class InterfaceDemo {
		   public static void main(String args[]) {
		      MyClass1 mc1 = new MyClass1();
		      MyClass2 mc2 = new MyClass2();

		      mc1.iMethod();
		      mc1.myMethod();
		      mc2.iMethod();
		   }
		}
        
Oke mungkin cukup sekian dulu , capeeek ngetik'nya hehehehe

Mungkin bagi yang menyukai artikel ini atau bermaanfaat bagi anda , mohon bila berkenan men'klik 1 iklan saja sudah cukup membantu meningkatkan semangat saya untuk menulis artikel" berikut'nya 

oke Terimakasih :D
 

Post a Comment

notifikasi
close