D1 ITB | Tugas Tahap Perkuliahan ke-8


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Christiawan Eko Saputro
NIM/ No. Registrasi
:
11031403
Alamat email
:
christiawaneko@gmail.com
Program & Opsi
:
TKJ - APL
Tahap Perkuliahan ke-
:
1 (c)
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Yang telah saya pelajari dalam materi perkuliahan ini adalah
  1. Cara Menginstal Java
  2. Cara Menginstal Android Studio
  3. Cara Menjalankan AVD dan menjalankan aplikasi tersebut

-          JDK

Java Development Kit (JDK) ini wajib hukumnya, karena Android merupakan aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk mendapatkan installer JDK bisa mengunduh / medownload langsung di situs resminya. Pilihlah installer JDK (java) yang sesuai dengan sistem operasi komputer kita. JDK yang bisa digunakan untuk membuat program Android adalah JDK 5 dan 6 atau versi terbarunya.
-          SDK
SDK kependekan dari Software Development Kit yaitu merupakan aplikasi yang dibuat untuk membangun aplikasi. untuk menggunakanya bisa di download langsung dari sini : -> http://developer.android.com/sdk/index.html
-          AVD
AVD kependekan dari Android Virtual device yaitu semacam emulator untuk menjalankan virtual Android. jadi tanpa menggunakan / mempunyai android phone pun, kita bisa merasakan apa itu android. dan kita juga bisa membuat program di android. tetapi untuk yang ingin berkecimpung di dunia android coding sebaiknya minimal punya phone android. kenapa? karena kita bisa langsung mengetes aplikasi yang kita buat langsung di android karena jika kita menggunakan AVD akan memakan memori ram, jadi akan berjalan agak berat.

 
Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Kesulitan yang saya hadapi adalah
1.             Keterbatasan Internet, sulit untuk melakukan posting blog.
2.                   Kurangnya materi – materi yang di peroleh mahasiswa.







Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:



Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:
D1 - ITB TKJ Batch 3 - Belajar Install Android Studio  : http://youtu.be/Wy071NnSNPY


Post a Comment

notifikasi
close